Cara Mengaktifkan OK Google di HP Android

Cara mengaktifkan OK Google sangatlah mudah, seperti yang kita tahu layanan OK Google ini sangat membantu kita untuk melakukan pencarian kata kunci di Google hanya dengan melalui pengucapan suara tanpa perlu repot-repot mengetik. Dengan mengucapkan kata kunci tertentu, secara otomatis Google akan melakukan pencarian atau penelusuran kata kunci yang kita ucapkan tadi.

ok google, cara mengaktifkan ok google, cara menggunakan ok google, ok google bahasa indonesia

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakannya, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara mengaktifkan OK Google di Android kepada Anda. Pada dasarnya untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah kok, hanya saja masih banyak pengguna Android yang belum tahu caranya.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa cara menggunakan OK Google ini hanya dapat digunakan pada perangkat Android dengan OS Android KitKat versi 4.4 ke atas agar fitur OK Google ini dapat berjalan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel di bawah ini.

Cara Mengaktifkan OK Google di Android

  1. Langkah pertama, silahkan perbarui Google App di HP Android Anda ke versi terbaru. Caranya, buka laman Google app pada Playstore dan kemudian tap “Perbarui”.
  2. Jika sudah buka Google App.
  3. Kemudian tap Menu bergaris tiga yang terletak di bagian pojok, lalu klik Setelan.
  4. Setelah itu klik Suara dan klik Deteksi “Ok Google”
  5. Ceklist kotak pada bagian samping “Google app”

Untuk jenis perangkat tertentu, cara mengaktifkan OK Google memungkinkan untuk melakukan beberapa pengaturan deteksi “Ok Google” pada luar Google app. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ceklist kotak di samping “Dari semua layar” maupun “Selalu aktif”.
  2. Selanjutnya ikuti saja petunjuk yang ada untuk memasukkan jenis suara Anda ke Google.

Baca Juga :

Sebagai catatan, ketika mengaktifkan layanan OK Google di Android ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal tersebut antara lain :

  1. Tidak semua bahasa support opsi “Selalu aktif”. Oleh karena itu, jika Anda tidak bisa mengaktifkan fitur ini, berarti bahasa yang Anda gunakan tidak didukung
  2. Mengaktifkan setelan “Dari semua layar” terkadang menyebabkan layanan suara lainnya yang memakai perintah pengaktifan maupun kata cepat akan tidak berfungsi. Misalnya, Anda mempunyai Samsung S6 dan Anda mengaktifkan S-Voice buat memakai perintah pengaktifan “Hi Galaxy” maka perintah tersebut kemungkinan besar tidak berfungsi sebagaimana mestinya ketika setelan “Dari semua layar” telah diaktifkan
  3. Ketika layanan “OK Google” diaktifkan di Android, terkadang ada beberapa pengaturan yang mungkin harus diubah. Jenis-jenis perubahan tersebut tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

Sekian informasi mengenai cara mengaktifkan OK Google yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengaktifkan layanan OK Google di HP Android Anda. Sekian dan Terima kasih.